Cara Terbaik Menyikapi Kegagalan



 Cara Terbaik Menyikapi Kegagalan

"Jangan pernah berusaha melupakan seseorang, semakin keras anda berusaha melupakannya, semakin sering ia masuk ke dalam pikiran anda. Biarkanlah semua kenangan tentang dia menjadi kenangan yang terindah untuk dirimu dan dirinya"

Kita semua pernah mengalami masa yang sulit dalam hidup kita yang menahan kita untuk terus maju ke depan. Masa yang sulit itu dapat berupa perubahan kerja yang tidak diinginkan, perceraian ataupun perpisahan dengan kekasih yang kita cintai, kematian anggota keluarga, dll. Dalam hidup kita selalu berusaha menjauhi sesuatu (rasa takut) dan bergerak menuju sesuatu (kesuksesan). Tergantung dari apa yang hidup berikan pada anda, anda bisa saja terjebak di zona takut. Dan ketika kita berada di masa yang sulit, sangatlah sulit untuk keluar tanpa melakukan “pencarian jiwa baru” terlebih dahulu.

Merenungi kesalahan saat pikiran “dingin” dan emosi terkendali akan membantu kita melihat semua jadi lebih jelas.Dunia selalu mempunyai tantangannya sendiri. Tidak ada kehidupan yang mudah, semuanya pasti ada rintangan dan kesulitan yang harus dihadapi. Rintangan, tantangan, dan semua kesulitan memang ada agar menjadi seleksi siapa yang memang pantas untuk mencapai kesuksesan. Orang-orang yang tegar, yang mampu bangkit dari kegagalan, mampu menghadapi kesulitanlah yang pantas untuk sukses.

Mungkin anda pernah berpikir, atau merenungkan bahwa ternyata kehidupan sangat cepat berlalu. Semua yang telah dilewati serasa baru kemarin. Jika anda mengingat kenangan yang indah, mungkin anda akan berkata “Seandainya bisa diulang lagi…”, tapi kalau kenangan itu pahit, “Seandainya waktu dapat di putar kembali, aku pasti gak akan melakukan hal itu…”. Sepertinya ujung-ujungnya semua adalah penyesalan. Penyesalan memang selalu datang di akhir, tapi jika anda selalu menyalahkan diri anda sendiri, itu justru membuat anda semakin terpojok, sehingga anda akan sulit untuk mengembangkan pikiran-pikiran positif atau rencana apa yang harus anda lakukan. Cobalah untuk menerima kenyataan dan jadikan hari kemarin sebagai cambuk untuk memotivasi diri. Memang itu tidak bisa dipungkiri bahwa kadang-kadang kita sebagai manusia sering lupa & khilaf. Dan ketika kita baru menyadari hal tersebut, dan biasanya akan timbul sebuah perencanaan, impian, atau bahkan nggak tanggung-tanggung kita langsung membuat sebuah tindakan yang tanpa dipikirkan kembali matang-matang yang akhirnya justru terpuruk karena tindakan yang telah dilakukan tersebut.dan kita gagal lagi.

Belajar dari kesalahan masa lalu, bertekad bangkit dan menemukan cara baru mendapatkan kesuksesan adalah cara terbaik menyikapi kegagalan. Dengan demikian, sukses, gagal, naik, turun, hanyalah sebuah dinamika yang tidak perlu kita sesali berkepanjangan. Waktu terus berjalan, dan kita juga mesti melangkah ke depan lebih jauh lagi. Jangan pernah berhenti hanya karena satu kegagalan.

Kegagalan adalah hal biasa dalam hidup. Semua orang pernah mengalami kegagalan. Yang membedakan antara satu orang dengan orang lain adalah apa respons atau jawaban atas kegagalan yang harus dihadapinya. Jika ia terlalu banyak merenung, meratapi, dan akhirnya hanyut dengan kegagalan dan masa lalunya, maka yang terjadi berikutnya adalah kegagalan itu akan membawanya pada jurang kegagalan hidup yang jauh lebih dalam.

cara terbaik menyikapi kegagalan

Sebuah kata bijak berkata : "Jujurlah mengakui bahwa anda salah, jangan lalu menciptakan alasan untuk membenarkan diri anda. Akuilah pada diri sendiri dan di hadapan Tuhan bahwa anda telah berSALAH, lalu maafkankah diri anda. Jangan terlalu keras dengan menghukum diri sendiri. " 
Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment