Arti Pentingnya Sebuah Senyuman


http://zeeriyanti.blogspot.com
Arti Pentingnya Sebuah Senyuman
     Tersenyum adalah salah satu bahasa tubuh yang sarat akan makna. Sebuah ungkapan hati yang tak terucap dengan  kata-kata, namun maknanya begitu luas dan dalam. Tersenyum sebenarnya teramat sederhana sekali, saking sederhananya hampir nyaris tak membutuhkan sedikitpun tenaga, karena hanya tinggal menarik kedua  ujung bibir kebelakang,  menyipitkan kelopak mata kita dan mempertahankanya hanya untuk beberapa detik saja.
     Senyum sebenarnya sebuah ungkapan hati yang diekspresikan oleh wajah. Sehingga  akan terlihat sangat jelas tulus dan tidaknya senyuman kita, dari ekspresi wajah  dan sorot bola mata  kita ketika sedang tersenyum. Hanya sebuah senyuman ketulusanlah yang kekuatanya akan  dirasakan oleh orang-orang yang ada di sekitar kita, selain tentunya kita sendiri juga dapat merasakan manfaatnya. Karena segala sesuatu yang berawal dari hati maka ia pun akan masuk ke hati,dan kekuatanya pun akan jauh lebih dalam dari sebuah mata air di gurun pasir nan tandus sekalipun.
     Sebuah senyuman dengan segenap ketulusan jiwa akan memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan kita. Terutama bagi diri kita sendiri. Hal yang paling sederhana saja, wajah kita akan terlihat lebih manis, lebih cantik, lebih tampan, dan bahkan akan lebih memilki daya tarik yang tak terbeli dari manapun juga. Dan bahkan secara klinis telah terbukti bahwa sebuah senyuman manis dengan penuh ketulusan dapat menghindarkan diri kita dari stress, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kepercayaan diri, menjaga suasana hati, dan memperpaanjang usia.
     Selain senyuman itu akan menjadikan kita lebih sehat secara fisik, ternyata juga akan menjadikan kita lebih sehat secara emotional. Hal ini akan dapat dirasakan dari perasaan kita setelah memberikan senyuman kecil nan tulus kepada orang-orang terdekat kita. Hati kita akan terasa lega seolah telah memberikan sesuatu hal yang begitu berharga, yaitu sebuah kebahagiaan. Yang tentunya secara tidak langsung akan memberikan efek positif terhadap perkembangan emotional kita. Beberapa hal inilah yang menjadi alasan mengapa pribadi-pribadi yang gemar tersenyum akan terlihat jauh lebih muda dan lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan, yang semakin menuntut banyak perjuangan ini. Dan tentunya secara tidak langsung akan memberikan kekuatan  kebahagiaan untuk diri kita dalam menapaki kehidupan dan dalam meraih segala impian kita. Ibaratnya senyuman sebagai sarana memperindah silaturahmi dan juga sebagai sarana sodaqoh kita, sebagaimana yang telah disunnahkan oleh Rasulullah
     Tidak hanya untuk diri sendiri saja, pengaruh kekuatan senyuman ini dapat dirasakan. Dalam sebuah pergaulan dan orang-orang disekitar kita pun akan merasakan kekuatan yang tersembunyi dari sebuah senyuman. Sebuah senyuman nan tulus akan dapat melelehkan suasana yang kaku, akan dapat memberikan semangat untuk bergerak, akan menjadikan suasana lebih indah.Tak perlu seorang atasan selalu memperlihatkan wajah sangarnya agar anak buah selalu disiplin dan melaksanakan tugas sesuai rencana. Tidak seharusnya orang tua marah-marah agar sang buah hati rajin belajar. Pun tidak perlu seorang istri menjadi  pembicara yang hebat, agar suami selalu rajin bekerja. Dan tak harus seorang gadis merayu dengan sejuta kata agar dibelikan hadiah cantik oleh sang pangeran pujaan hatinya. Kesemuanya itu dapat dilakukan hanya dengan memberikan sebuah senyuman manis penuh ketulusan.

No comments:

Post a Comment